9 Usaha Rumahan Modal 50 Ribu untuk Ibu Rumah Tangga

usaha rumahan modal 50 ribu

Dewasa ini, banyak ibu-ibu rumah tangga yang sambil melakukan aktivitas usaha untuk menambah uang jajan. Beberapa bisnis yang mereka jalani bahkan berawal dari usaha rumahan modal 50 ribu saja.

Bisa? Tentu saja bisa.

Dengan menggunakan peralatan yang sudah tersedia hingga skill yang mungkin dibutuhkan, kita sudah bisa membuka usaha dari rumah dengan modal yang relatif kecil.

9 Ide Usaha Rumahan Modal 50 Ribu Untuk Ibu Rumah Tangga​

Berikut 9 ide usaha rumahan modal 50 ribu yang cocok banget untuk ibu rumah tangga sambil momong si kecil.

1. Jasa Setrika

Buat sebagian ibu rumah tangga, terutama yang juga bekerja di luar rumah, pekerjaan rumah tangga menyetrika baju merupakan sebuah kegiatan yang paling menyeramkan. Kalau sekedar baju sendiri yang paling-paling jumlahnya hanya 10 lembar sih masih oke saja. Tetapi kalau tumpukan setrikaan baju orang serumah sudah menggunung di keranjang, sudah lain ceritanya.

Hal ini tentu bisa menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan, bukan?
Jasa menyetrika dari rumah ini bisa menjadi ide usaha rumahan yang tidak ada matinya, pasalnya, makin kesini makin banyak ibu rumah tangga yang tidak punya waktu lebih untuk menyetrika sendiri.

Dengan modal yang relatif kecil, misalnya untuk pembelian pewangi setrika beserta alat semprotnya, plastik pembungkus, dan nota, kita sudah bisa menerima jasa setrika dari rumah menggunakan peralatan setrika yang ada.
Ke depannya, hasil yang diperoleh bisa untuk modal sewa tempat, pembelian setrika uap beserta peralatan jasa setrika dan laundry, hingga gaji karyawan yang tentu saja membutuhkan proses bertahap.

usaha rumahan yang lagi trend

2. Dropshipper

Usaha rumahan yang lagi trend satu ini cukup banyak diminati, selain bisa dikerjakan di rumah hanya dengan “main HP”, keuntungan yang bisa didapatkan pun bisa berkali lipat. Bahkan, beberapa waktu lalu menjadi viral lantaran hanya di rumah saja namun memiliki keuangan yang baik dan dikira melakukan ritual pesugihan.

Kita bisa melakukan usaha dropshipper ini dengan mencari penjual partai besar di marketplace yang juga menyediakan pilihan pembelian untuk dropship, sehingga barang langsung dikirim ke alamat customer tanpa perlu kita repot mengirim ulang.

Selain jasa dropship, nanti kita juga bisa lho membeli barang dalam partai besar sekaligus dengan harga yang jauh lebih murah untuk kita jual lagi melalui jaringan pertemanan di media sosial dan aplikasi chat seperti WhatsApp. Namun, untuk metode seperti ini akan membutuhkan modal yang lebih besar. Namun jangan khawatir, karena kita bisa mengumpulkan modal dari hasil keuntungan dropshiping tadi.

3. Jasa Desain Grafis

Buat ibu rumah tangga yang memiliki skil khusus, misalnya desain grafis, bisa juga nih membuka jasa pembuatan desain logo usaha hingga jasa desain untuk kebutuhan website atau blog.

Seiring makin menjamurnya usaha kecil dan usaha rumahan, usaha jasa design grafis ini tentu sangat dibutuhkan bagi pelaku usaha kecil yang tidak memiliki kemampuan dalam mendesain logo untuk usaha kecil mereka. Usaha yang bisa kita kerjakan di rumah ini bisa kita tawarkan dengan biaya jasa yang lebih rendah dari pasaran dengan target konsumen pelaku usaha rumahan yang baru merintis. Tentu menjadi angin segar bagi pebisnis anyaran yang memiliki modal minim, bukan?

4. Jualan Jajanan seribuan

Usaha rumahan modal 50 ribu berikutnya adalah jualan jajanan seribuan yang bisa dititipkan di warung-warung atau kantin sekolah, misalnya sempol, telur gulung, cilor, mini risoles, atau donat mini. Tapi mengingat sekarang ini harga bahan kue lumayan melonjak, mungkin bisa menjualnya dengan harga 1500 atau 2 ribuan.

contoh usaha modal kecil untung besar

5. Repack Camilan

Jika tidak bisa membuat kue atau jajanan sendiri, kita bisa menjual camilan repack. Kita bisa membeli aneka camilan yang paling sering dicari orang dalam ukuran kemasan besar di toko grosir aneka camilan lalu kita kemas ulang dalam ukuran seribu hingga 2 ribuan, kemudian bisa kita titipkan di warung, kelontong, atau kantin-kantin.

Camilan yang paling sering dicari orang misalnya makaroni pedas, wedaran keju, kacang goreng pedas, dan sebagainya.

6. Usaha Keripik / Kerupuk

Selain repack camilan, kita juga bisa lho membeli keripik atau kerupuk mentah lalu kita goreng sendiri dan dikemas dengan ukuran ekonomis agar lebih terjangkau. Misalnya keripik belinjo, kerupuk udang, kerupuk ikan, rengginang, dan sebagainya.
Keripik atau kerupuk ini bisa kita titipkan di warung dan kelontong maupun kantin-kantin kantor hingga kantin rumah sakit.

7. Usaha Membuat Frozen food

Jika kita memiliki skil di bidang masak-memasak yang cukup mumpuni, kita bisa memulai usaha membuat aneka frozen food homemade. Misalnya nugget ayam tanpa MSG yang lebih aman untuk dikonsumsi bayi MPASI, atau bisa juga less salt yang mungkin akan diburu oleh pegiat diet rendah garam. Selain nugget, pilihan lainnya adalah bakso, sosis, tempura, dan berbagai frozen food yang bisa kita buat sesuai target pasar kita.

Meski target konsumen “diet” ini tidak sebesar konsumen pada umumnya, namun di beberapa daerah belum cukup banyak usaha demikian, sehingga masih menjadi peluang usaha yang patut untuk dicoba.

8. Jasa Menulis Artikel

Nah buat ibu rumah tangga yang memiliki hobi curhat di status Facebook, ehh menulis, bisa banget gunakan keahliannya untuk membuka usaha jasa menulis artikel. Di jaman serba digital ini, kebutuhan artikel cukup banyak diminati oleh beberapa bisnis blog hingga ecommerce untuk memberi asupan website mereka sehingga bisa mendulang traffic yang lezat.

Beberapa pebisnis “ternak” blog biasanya membutuhkan artikel siap tayang untuk dipasang di blog ternak-an agar blog-blog tersebut dapat tetap mengunggah konten secara rutin. Begitu juga dengan beberapa website brand maupun ecommerce yang mengaktifkan halaman blog mereka.

Buat yang belum familiar dengan usaha ini, bisa bergabung dulu di komunitas job untuk blogger dan sejenisnya untuk bisa menawarkan dan mendapatkan tawaran dari sana.

contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing

9. Afiliasi Marketing

Afiliasi marketing merupakan salah satu contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa kita kerjakan dari rumah. Saat ini, banyak bisnis online dan marketplace yang menyediakan fitur afiliasi atau affiliate.

Afiliasi marketing merupakan salah satu percaloan sistem marketing dimana kita dapat mereferensikan produk barang maupun jasa kepada konsumen untuk nantinya mendapatkan komisi penjualan.

Sistem afiliasi marketing ini umumnya bergerak secara digital dan bekerja secara online. Kita bisa memasang kode afiliasi kita menggunakan link yang sudah terhubung dengan sistem yang bisa kita sebar melalui media sosial, blog, maupun aplikasi obrolan. Dengan link tersebut, konsumen yang meng-klik dan melakukan transaksi akan tercatat pada akun afiliasi kita untuk selanjutnya terhitung komisi sesuai dengan ketentuan yang disepakati.

Gimana nih, sudah dapat insight tentang usaha rumahan modal 50 ribu, dong. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat buat temen-temen dan ibu-ibu yang ingin menambah penghasilan meskipun sebagai ibu rumah tangga saja.

 

안녕!

Hello, I'm Sera Wicaksono. Mom of 3 and stay in Bali, ID. For business inquiry, don't hesitate to contact me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!