7 Usaha Aneka Minuman Es Paling Laris dan Mudah Dibuat

usaha aneka minuman es

Halo, yeoreobun! Usaha aneka minuman es disebut-sebut sebagai salah satu usaha yang paling menguntungkan. Peluang bisnis minuman menyegarkan ini pun terbilang tak ada habisnya. Gimana enggak, siapa pun pasti sangat menyukai minuman dingin yang menyegarkan dan mengobati dahaga yang meronta-ronta *halah. Terutama di siang bolong dengan cuaca terik seperti saat ini. Hmm saya jadi langsung haus nih membahasnya.

Sehingga tidak mengherankan jika banyak sekali pedagang minuman di setiap sudut jalan di mana pun tempatnya terkhusus di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Beberapa jenis minuman berikut ini mungkin dapat menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

7 Contoh Usaha Aneka Minuman Es Kekinian Paling Laris

Kita tahu, tidak semua usaha aneka minuman es itu bisa dikategorikan bermodal murah. Beberapa minuman tertentu bahkan mungkin membutuhkan peralatan khusus dengan harga yang tidak bisa dibilang murah. Pun dengan bahan yang terbilang cukup unik, sudah bisa dipastikan harganya tidak bisa dibilang murah.

Berikut 7 contoh minuman kekinian yang cukup populer dan bisa banget dijadikan usaha.

1. Thai Tea

Thai tea merupakan salah satu minuman dari negara Thailand yang sangat populer sejak tahun 1980-an. Cha yen tea atau juga disebut ceylon merupakan teh hitam. Dengan campuran rempah-rempah khas Thailand menghasilkan minuman teh yang kemudian dicampur dengan susu ini sangat nikmat dan kini digemari oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

peluang bisnis minuman modal rp 300rb

2. Jus Sari Buah

Jus sari buah merupakan perasan dari buah segar yang bisa didapatkan dengan memblendernya dengan blender khusus. Jus sari buah berbeda dengan jus buah pada umumnya yang biasa di jual oleh pedagang minuman es.

Jus sari buah biasanya termasuk dalam jenis minuman yang lumayan mahal karena untuk mendapatkan 1 gelasnya kita membutuhkan buah segar dengan jumlah yang lebih banyak ketimbang jus buah biasa yang dicampur dengan air dan sirup gula atau susu.

Jus sari buah sering dijual alam kemasan botol yang berisi 100% sari buah asli tanpa tambahan sirup gula dan air. Namun untuk dapat menekan biaya produksi, terkadang beberapa penjual jus sari buah ini juga ada yang tidak menjualnya dengan 100% sari buah asli tetapi ditambahkan sedikit sirup gula dan sedikit air.

3. Es Kepal

Es yang beberapa waktu sempat viral ini juga masih diminati loh gaes. Es kepal cokelat maupun es kepal pelangi dengan berbagai varian rasa sirup nampak selalu menyegarkan saat siang hari bukan?

bisnis minuman kemasan cup

4. Es Boba Aneka Rasa

Es boba pertama kali menjadi viral di Indonesia dengan rasa legitnya brown sugar dan richnya cream dan susu. Namun sayang sekali dengan harganya yang kurang bersahabat dengan kalangan menengah ke bawah menjadikan peluang baru untuk usaha es boba dengan banyak variasi rasa dan harga yang lebih terjangkau.

Varian rasa talas, red velvet, green tea, coklat oreo, atau coklat aja sering dijadikan pilihan rasa untuk menikmati kenyal nikmatnya si butiran lembut boba. Bubuk untuk varian rasa tersebut dapat kita peroleh di toko bahan roti dan kue terdekat.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kita cukup mengaduk bubuk rasa dengan air matang dengan keenceran yang pas kemudian ditambahkan boba, es batu, serta susu dan cream.

5. Es Cappuccino Cincau (Capcin)

Hampir sama dengan es boba rasa-rasa di atas. Bubuk rasa capucino juga bisa kita temukan di toko bahan kue. Kita cukup mencampurkannya dengan air secukupnya lalu menambahkan potongan cincau dan es batu. Mudah banget bukan?

6. Es Teler Aneka Isian

Es teler mungkin sudah biasa ya. tapi kalau es teler dengan berbagai variasi isian tentu akan menggugah selera. Es teler original biasanya hanya berisi kelapa muda dan alpukat dengan kuah es serut, sirup, dan susu kental manis. Namun semakin kesini, isian es teler ini banyak sekali modifikasinya, termasuk tambahan boba di dalamnya mungkin.

peluang usaha minuman unik

7. Es Kopi Kekinian

Es kopi dengan gula aren dan susu menjadi primadona akhir-akhir ini. Rasa legit khas gula aren membuat aroma kopi menjadi semakin memikat. Metode pembuatan kopi dengan cold brew juga kerap diunggulkan karena memiliki tingkat keasaman yang rendah sehingga aman untuk penderita lambung.

Tips Memulai Usaha Minuman Kekinian

Inovasi dan Variasi

Belajar dari pengalaman para pelaku usaha minuman kekinian yang sukses, seperti es boba di Taiwan misalnya. Dapat disimpulkan bahwa suksesnya minuman boba hingga ke seluruh dunia adalah diawali dengan suatu inovasi dan variasi cara menikmati teh susu. Jadi, lakukan inovasi dan buat variasi menu yang menarik bagi konsumen.  

Perhatikan Kualitas Bahan Baku

Minuman kekinian pada umumnya memiliki rasa manis. Namun jangan gunakan pemanis buatan alih-alih menekan biaya bahan baku, ya gaes. Pemanis buatan cenderung memiliki rasa yang sedikit getir dan eneg yang tentu tak seenak gula asli.

Kemasan yang Aman dan Menarik

Kemasan yang menarik akan sangat berpengaruh terhadap nilai jual produk minuman kekinian kita. Meski bukan hal kritis, namun jangan abaikan soal kemasan ini untuk menarik minat pelanggan. Selain itu, pastikan kemasan untuk take away haruslah aman saat dibawa. Baik oleh kurir delivery maupun oleh pelanggan itu sendiri. Terlebih jika kita menjual secara online atau melayani delivery order.

Pilih Lokasi Strategis

Lokasi yang strategis dalam usaha apapaun merupakan faktor penting. Misalnya menyewa tempat di area parkir minimart atau toko yang ramai pengunjung, lebih-lebih jika di seputar daerah wisata. Selain lokasi yang mudah ditemukan dan paling sering dilihat orang lewat, memilih daerah usaha juga penting untuk menentukan usaha minuman apa yang paling tepat. Nggak mungkin kan kita menjual es di sekitaran tempat wisata gunung bromo, hehe.

Rajin Promosi

Terakhir, kita harus rajin melakukan promosi baik secara online maupun offline. Semakin sering kita berpromosi maka akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pembeli lebih banyak. Lakukan promo pembelian agar konsumen tertarik membeli sehingga mereka dapat mencicipi, maka potensi mereka repurchase akan ada.

Oke yeoreobun, segini dulu ya tips memulai usaha minuman kekinian dan 7 contoh usaha aneka minuman es kali ini. Semoga bermanfaat.

안녕!

*sumber:

Indorsie.com

Bisniskulinerku.com

Manajemenbank.com

Youtap.id

Hello, I'm Sera Wicaksono. Mom of 3 and stay in Bali, ID. For business inquiry, don't hesitate to contact me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!