11+ Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Potensial

peluang usaha rumahan di desa

Halo, yeoreobun! Pernahkah terpikir untuk mencoba peluang usaha rumahan di desa? Karena kenyataannya, potensi usaha rumahan di desa cukup menjanjikan, lho. Terlebih jika melihat komitmen pemerintah terkait peningkatan perekonomian di pedesaan.

Di desa, persaingan bisnis masih cenderung lebih kecil jika dibandingkan di kota bahkan pinggiran kota. Pelaku usaha yang relatif masih sedikit, kurangnya wawasan bisnis kreatif, hingga keterbatasan modal menjadi alasan masih banyaknya masyarakat perdesaan yang kurang berminat dalam ranah bisnis atau usaha mandiri.

Contoh Peluang Usaha Rumahan di Desa

Buat temen-temen yang tinggal di daerah pedesaan dan ingin membuka usaha, ada banyak peluang usaha rumahan di desa, lho. Berikut 13 contoh usaha rumahan yang lagi trend.

1. Budidaya Sayuran Organik

Tinggal di daerah pedesaan biasanya cenderung memiliki lahan yang cukup luas jika dibanding dengan pemukiman perkotaan yang semakin kesini semakin padat. Lahan yang luas dengan lingkungan udara yang relatif lebih bersih dibanding perkotaan, cocok banget untuk bisnis budidaya sayuran organik.

Temen-temen bisa mengembangkan bisnis sayuran organik ini untuk menyuplai kebutuhan sayuran organik masyarakat perkotaan yang saat ini semakin banyak yang peduli dengan pola hidup sehat dan organik.

peluang usaha rumahan di desa

2. Produksi Pupuk Organik

Budidaya sayuran organik tentu saja menggunakan pupuk organik dong. Nah, pupuk organik ini juga bisa dijual ya. Para ibu-ibu yang menyukai bercocok tanam di rumah dan concern dengan organik food akan membutuhkan pupuk ini. Temen-temen bisa menjualnya secara online, offline, maupun menjadi supplier toko pertanian.

3. Jasa Printing atau Percetakan

Mungkin jasa fotocopy dan print sudah tidak asing ya di kampung, tapi memang masih sering dibutuhkan orang, lho. Untuk kebutuhan pengurusan dokumen maupun kebutuhan anak sekolah yang membutuhkan untuk mencetak tugas-tugas sekolah.

Namun saat ini tidak hanya itu, banyak masyarakat yang memiliki usaha juga ingin membuat label meski masih pada taraf usaha rumahan. Sehingga terkadang membutuhkan jasa printing label atau stiker dengan jumlah terbatas, yang tentu saja seringnya sulit untuk dipenuhi oleh jasa printing besar yang mengharuskan jumlah minimum pemesanan.

usaha rumahan yang lagi trend

4. Reseller Kerajinan Tangan Desa Setempat

Jika temen-temen tinggal di daerah atau dekat dengan daerah yang memiliki sentra kerajinan lokal, bisa banget nih buat jadi reseller-nya. Jika temen-temen aktif di sosial media seperti Instagram, kita bisa menjualnya melalui fitur commerce. Atau kita juga bisa menjualnya di marketplace bahkan bisa menjadi supplier tangan pertama.

5. Jual Minuman Kekinian

Jual minuman es kopi merupakan salah satu contoh usaha rumahan yang lagi trend. Saat ini banyak sekali jenis minuman kekinian, misalnya es boba, milk tea, kopi susu aren yang cukup trending di kalangan anak muda. Jika temen-temen memiliki halaman rumah yang cukup strategis, bisa banget nih buka lapak di depan rumah untuk jualan minuman kekinian ini.

Jika tidak memungkinkan menjual dalam ukuran reguler karena terpatok pada daya beli, kita juga bisa lho menjualnya dalam kemasan yang lebih kecil sehingga lebih terjangkau. Untuk mendampingi ini, temen-temen juga bisa menjual jajanan yang sedang trending seperti seblak, sempol, tempura, jasuke, hingga roti tawar sandwich isi telur dadar dan sayur.

6. Katering Nasi Kotak

Meski di pedesaan masih menjunjung tinggi gotong royong, semisal jika ada hajatan, maka para tetangga akan datang untuk membantu memasak. Namun jangan salah, beberapa masyarakat di pedesaan pun juga terkadang membutuhkan katering nasi kotak ini untuk efisiensi.

usaha rumahan yang lagi trend

7. Terima Pesanan Kue

Begitu juga dengan bisnis pesanan kue. Saat ini sering banget dibutuhkan tidak hanya untuk keperluan hajatan atau syukuran. Beberapa kegiatan atau acara instansi yang melibatkan undangan hadir juga membutuhkan snack box untuk keperluan konsumsi.

8. Jual Pulsa dan Token

Saat ini pengguna listrik pra-bayar sudah semakin banyak sehingga kebutuhan akan token listrik pun tentu meningkat. Begitupun kebutuhan pulsa provider pra-bayar terlebih untuk kebutuhan paket data internet yang semakin hari semangkin meningkat.

9. Warung Kopi free WiFi

Kebutuhan internet yang semakin tak bisa dibendung, membuat beberapa pemilik kafe berinisiasi untuk memberikan layanan free WiFi untuk menarik pelanggan. DI desa pun juga bisa menggunakan konsep ini, menyediakan layanan free WiFi di warung kopi tentu akan menjadi pilihan para anak-anak muda.

10. Jasa Laundry

Kebutuhan akan jasa laundry kini juga sudah merambah di daerah pedesaan. Meskipun jasa laundry di desa biasanya masih cenderung konvensional, namun dewasa ini sudah menggunakan mesin cuci, bukan jasa tukang cuci kucek seperti jaman dulu.

11. Jahit Baju ala Butik

Kita juga bisa nih membuka jasa jahit baju sekelas butik. Yakni menjahit halus dengan model yang terkini. Namun untuk membuka jasa jahit kita harus memiliki skill menjahit yang bisa kita pelajari di berbagai kelas kursus menjahit hingga sekolah atau kuliah tata busana agar wawasan tentang pola pecah model dapat kita kuasai. Sehingga kita dapat menjahit dan menciptakan model baju yang lebih trendi sesuai kebutuhan masyarakat saat ini.

12. Jasa Makeup

Selain tata busana, kebutuhan akan tata rias kini juga mengalami pergeseran. Banyak pengantin di pedesaan yang ingin menggunakan riasan flawless di hari pernikahannya dengan mengundang ahli makeup dari kota. So, peluang untuk jasa makeup pengantin yang lebih modern pasti sangat potensial.

13. Pekerja Kreatif

Di antara semua usaha rumahan, usaha di bidang kreatif terbilang masih belum awam untuk sebagian kalangan. Beberapa orang masih belum paham apa itu kerja kreatif dan bahkan beberapa orang cenderung menganggap sebagai pengangguran. Seperti yang pernah viral baru-baru ini.

Tapi nih, jika temen-temen memiliki kemampuan untuk berkreasi di bidang digital, seperti menulis di blog, membuat konten menarik di YouTube, Instagram, maupun platform-platform serupa, kalian juga bisa lho menekuninya sebagai pekerjaan.

Dewasa ini, alur marketing tak hanya menyasar pada penonton televisi saja, sebab penonton televisi juga banyak yang beralih ke dunia platform yang bisa diakses menggunakan ponsel pintar dewasa ini. Sehingga, banyak brand yang ingin meningkatkan brand awareness melalui platform-platform yang cenderung banyak diakses oleh kalangan yang targetnya cukup luas seperti Instagram dan Tiktok, misalnya. Selain kita dapat menyalurkan hobi, kita juga bisa nih menekuni bidang ini sebagai sumber penghasilan kita.

Nah gimana nih yeoreobun, sudah dapat insight dong tentang peluang usaha rumahan di desa yang bisa dicoba? Semoga artikel ini dapat memberi manfaat dan tambahan insight buat temen-temen yang ingin membuka usaha di desa. Tetap semangat, dan sukses selalu!

안녕!  

Hello, I'm Sera Wicaksono. Mom of 3 and stay in Bali, ID. For business inquiry, don't hesitate to contact me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!