Peluang Usaha Laundry, Keuntungan dan Kelemahan

peluang usaha laundry

Halo, yeoreobun! Hari gini nggak punya mesin cuci itu kok kayaknya mustahil, ya nggak sih? Ya memang belum semuanya sih, tapi kebanyakan rumah tangga masa kini cenderung memilikinya karena fungsinya yang sangat membantu pekerjaan rumah tangga meski pada tipe terendah sekalipun. Yang penting cucian nggak numpuk, yakan?

Tapi kok bisnis laundry masih dimana-mana ya?

peluang usaha laundry

Peluang Usaha Laundry

Jangan salah ya yeoreobun, dewasa ini masyarakat modern cenderung menyukai hal-hal yang menjadi populer. Salah satunya memilih menggunakan jasa laundry untuk membantu mengatasi masalah cucian. Sehingga peluang usaha laundry pun tetap potensial.

Saya pribadi meski memiliki mesin cuci di rumah, juga masih membutuhkan jasa laundry ini loh. Salah satunya untuk mencuci seprei, handuk, selimut, dan teman-temannya. Apakah mesin cuci saya tidak bisa digunakan untuk mencuci semua itu? Bisa, tapi…

Satu, saya tidak memiliki jemuran yang besar sehingga sulit perkara menjemurnya. Ditambah lagi, jika mesin cuci terlalu sering digunakan untuk mencuci berat seperti selimut tebal atau bed cover, rasa-rasanya saya kasihan jika mesin saya cepat rusak. Hehe. Karena sudah bisa dipastikan, biaya servisnya akan jauh lebih besar. Itu kalau saya, ya.

Kenyataannya, banyak juga yang sepemahaman dengan saya, karena buktinya banyak yang mengirim cucian serupa ke laundry setempat. Itu sebabnya, potensi bisnis laundry ini tetap menjanjikan.

Cara Memulai Usaha Laundry Untuk Pemula

Bagi teman-teman yang tertarik untuk menjalankan usaha ini, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum memulai bisnis laundry agar sukses dan laris:

1. Memahami Seluk Beluk Laundry

Sebelum membuka jasa laundry, ada baiknya temen-temen paham dulu tentang seluk beluk laundry tersebut. Lakukan riset sederhana seputar bisnis laundry ini, misalnya jasa laundry seperti apa yang paling dibutuhkan masyarakat sekitar. Apakah lebih banyak pelanggan yang membutuhkan jasa laundry berat, pakaian kerja, jasa setrika saja, dan sebagainya.

Bagaimana biasanya para pelaku usaha laundry dalam memilah cucian. Apakah ditandai setiap baju menggunakan benang sewarna, menggunakan tag nama, atau hanya mengumpulkannya sesuai kantong saja. Perihal pembayaran, komplain, berapa hari bisa diselesaikan, dan sebagainya. Sehingga temen-temen bisa lebih memahami medan.

2. Tentukan Lokasi

Tentukan dahulu target pasar yang ingin kalian bidik, baru kemudian temen-temen bisa menentukan di mana lokasi yang tepat sasaran. Biasanya, orang-orang yang memerlukan jasa laundry adalah anak mahasiswa, pekerja kantoran, dan rumah tangga modern. Daerah perkotaan atau pinggiran kota dengan jumlah penduduk pendatang tinggi memiliki potensi yang lebih tinggi. Namun, jangan salah loh gaes, usaha laundry juga bisa menjadi usaha di desa yang cukup potensial.

kelemahan usaha laundry

3. Tentukan Layanan

Menentukan layanan juga cukup penting nih yeoreobun. Perhatikan layanan apa saja yang diberikan oleh kompetitor, dan kita bisa menentukan layanan apa saja yang memungkinkan untuk kita berikan. Apakah akan ada layanan antar jemput, apakah layanan antar jemput tersebut akan menggunakan biaya ongkir atau berdasarkan minimum jumlah laundry. Apakah akan ada layanan cuci express, apakah akan ada layanan binatu khusus untuk pakaian mahal, apakah akan ada layanan cuci basah saja, dan sebagainya.

Kenapa ini perlu? Karena akan berkaitan dengan modal yang harus dikeluarkan untuk pembelian peralatan yang mendukung layanan tersebut termasuk marketing yang akan dijalankan kelak.

4. Menghitung Biaya Modal

Modal dalam membuka usaha di bidang laundry ini memang tidak sederhana. Karena kita tidak saja harus membeli mesin cuci dan setrika, ada beberapa printilan dan hal lain yang juga perlu diperhatikan. Biaya dan lain-lain tersebut akan menjadi penentu biaya modal yang harus kita siapkan. Misalnya untuk menyewa tempat, upah karyawan, dan peralatan penunjang lainnya.

Apakah menggunakan dana pribadi kita sudah cukup, atau perlu menambah modal dengan pinjaman usaha. Semua perhitungan ini akan tampak ketika kita sudah melakukan perhitungan yang matang. Setelah modal terpenuhi, maka rencana usaha bisa segera dieksekusi.

5. Tentukan Harga Jasa

Sebelum kita menentukan harga jasa, ada baiknya untuk mencari tahu dulu harga pasaran jasa laundry di sekitar tempat kita akan membuka usaha tersebut. Penentuan harga ini menjadi salah satu strategi penjualan, misalnya jika temen-temen ingin menawarkan harga yang lebih murah dibanding kompetitor. Namun penting untuk diingat, jangan lupa menghitung secara detail biaya-biaya yang akan kita keluarkan sehingga kita tetap memiliki margin keuntungan yang baik.

Jangan sampai dong ya, kita berniat memberi harga murah agar menarik banyak pelanggan tetapi malah tekor. Jika ingin memberi penawaran harga yang murah juga penting untuk diperhatikan agar jangan sampai merusak harga pasaran.

6. Tentukan Rentang Waktu Selesai dan Disiplin

Penting banget perkara disiplin waktu ini ya gaes. Beberapa pelanggan yang harus menggunakan bajunya segera tentu akan mengambilnya sesuai dengan waktu yang ditentukan, jangan sampai pelanggan sudah datang untuk mengambil tetapi pakaiannya belum kering. Karena hal tersebut akan merusak kredibilitas jasa laundry yang kita kelola.

Tentukan rentang waktu yang paling memungkinkan, misalnya 2-3 hari untuk layanan cuci setrika standar, dan 5 jam maksimal untuk jasa ekspres. Jika tiba musim hujan, kita bisa memberikan informasi di depan sebelum menerima orderan bahwa cucian membutuhkan waktu yang lebih lama untuk selesai karena faktor cuaca. Berlaku juga jika kebetulan orderan jasa laundry kita sedang menumpuk. Dengan begitu, pelanggan akan memiliki opsi apakah akan tetap melanjutkan, memilih jasa express, atau akan mencucinya sendiri.

kelemahan usaha laundry

Peralatan Laundry yang Dibutuhkan

Saat modal usaha sudah tersedia dan dirasa sudah cukup, saatnya untuk membeli aset usaha yaitu seperangkat peralatan laundry. Berikut ini beberapa peralatan laundry yang dibutuhkan:

  1. Mesin cuci ukuran besar maupun sedang, usahakan sebisa mungkin lebih dari 1 unit
  2. Mesin pengering
  3. Setrika
  4. Setrika uap dengan gas elpiji
  5. Timbangan dengan kapasitas di atas 10 kg
  6. Detergen yang aman untuk segala jenis pakaian
  7. Pewangi Pakaian
  8. Rak baju
  9. Hanger pakaian
  10. Gantungan atau jemuran, baik untuk hanger maupun untuk menjemur seprei dan sejenisnya
  11. Plastik untuk kemasan cuci setrika atau jasa setrika, maupun untuk kemasan binatu khusus
  12. Nota dan alat tulis

Sebelum membelinya, pastikan temen-temen sudah membandingkan harga di beberapa tempat baik offline maupun di marketplace. Gunakan promo diskon jika ada. Sebagai pemula, temen-temen cukup beli 2 mesin cuci dulu. Jika bisnis laundry berjalan lancar, kedepannya bisa menyusul membeli peralatan yang lain menggunakan modal yang sudah berkembang.

Keuntungan dan Kelemahan Usaha Laundry

Yang namanya bisnis pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk jasa laundry ini. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui masing-masing poin agar siap dengan konsekuensinya.

Kelemahan Usaha Laundry

Kelemahan usaha laundry yang paling terlihat adalah banyaknya persaingan. Selain itu, masyarakat sudah banyak yang memiliki mesin cuci sehingga kita perlu cerdas dalam menentukan target market. Semua peralatan juga memiliki batasan usia sehingga butuh biaya perawatan. Bisnis laundry juga termasuk bisnis yang rawan komplain, misalnya kehilangan baju, tertukar, rusak karena setrika, terkena noda luntur, dan sebagainya.

Keuntungan Usaha Laundry

Sedangkan keuntungan usaha laundry yaitu mudah dijalankan oleh siapa pun karena tidak menuntut skill khusus. Jika mampu mendapatkan pelanggan yang loyal tentu akan membuat bisnis laundry temen-temen bertahan lama. Jika kebetulan memiliki rumah yang dekat perumahan atau sekitaran target pasar, maka temen-temen bisa menghemat biaya sewa tempat. Perputaran uang relatif cepat karena jasa laundry termasuk kebutuhan harian.

Gitu deh yeoreobun bahasan tentang peluang usaha laundry ini. Semoga artikel ini dapat menambah insight temen-temen yang ingin membuka jasa laundry, ya. Keep fight and sukses selalu!

 

안녕!

Hello, I'm Sera Wicaksono. Mom of 3 and stay in Bali, ID. For business inquiry, don't hesitate to contact me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!