Menu Catering Pernikahan Modern yang Paling Disukai

menu catering pernikahan modern

Halo, yeoreobun! Memilih menu catering pernikahan modern yang enak, disukai banyak orang, dan tentu saja tetap on budget pasti agak memusingkan. Urusan makanan untuk menjamu tamu undangan ini memang cukup vital dalam sebuah resepsi pernikahan. Itu sebabnya, sebelum memilih penyedia jasa layanan catering pernikahan, kita juga harus cermat dalam memilih paket menu yang tepat.

Daftar Menu Catering Pernikahan Modern

Masing-masing penyedia jasa layanan katering biasanya sudah memilah dan menentukan daftar paket menu catering pernikahan modern yang paling disukai banyak orang. Meski begitu, sebagai penyelenggara acara, ada baiknya kita juga harus memastikan paket yang akan kita pilih akan sesuai untuk calon tamu undangan nantinya.

Untuk menu katering resepsi pernikahan tentu saja masih didominasi oleh masakan nusantara. Sebab, kebanyakan tamu undangan yang akan hadir akan dari banyak kalangan umur, mulai dari para sesepuh hingga anak-anak. Meski begitu, pilihan makanan yang diadaptasi dari masakan western juga akan disukai para tamu undangan terutama jika empunya hajatan akan mengundang banyak tamu dari kalangan milenial.

Pada dasarnya, menu prasmanan untuk hidangan pernikahan ini haruslah menyediakan nasi, lauk protein, sayur, masakan berkuah, side dish, desert, serta minuman. Namun, memilih perpaduan menu yang salah akan menyebabkan hidangan kurang bisa dinikmati oleh para undangan.

Misalnya, pemilihan ayam goreng tepung dengan potongan yang cukup besar, tentu sedikit menyulitkan para tamu saat menyantapnya. Karena bagaimana pun, saat menghadiri pesta pernikahan, kita akan berdandan sedemikian rupa, kan? Nggak lucu dong ya, dandanan yang sudah cantik ini tiba-tiba musnah hanya gegara menyomot ayam goreng yang segede gambreng. Hehe.

Nah, biar menu di acara resepsi pernikahan yang akan kita adakan tetap istimewa meski budget terbatas, berikut beberapa contoh perpaduan menu hidangan pernikahan modern yang paling populer dan disukai orang.

daftar menu catering

Olahan Nasi/Karbohidrat

Dalam hidangan pesta pernikahan, selain menyediakan nasi putih, kita juga bisa menyediakan nasi atau karbohidrat lainnya sebagai pendukung menu lainnya. Misalnya lontong/ketupat, menu ini wajib ada saat ada hidangan sate atau jenis masakan berkuah seperti kare.

  1. Nasi putih
  2. Nasi kebuli
  3. Nasi goreng
  4. Nasi kuning
  5. Nasi gurih
  6. Nasi liwet
  7. Nasi Daun Jeruk (atau aromatik lainnya)
  8. Lontong/Ketupat
  9. Kentang wedges
  10. Mashed potatoes

Olahan Lauk

Olahan lauk yang paling umum biasanya tidak jauh dari daging ayam, atau untuk budget lebih, pilihan menu daging sapi atau daging kambing juga merupakan pilihan yang paling populer. Berikut beberapa menu olahan lauk yang menjadi favorit:

Olahan ayam

  1. Ayam koloke
  2. Ayam pedas manis
  3. Ayam kecap
  4. Sate ayam bumbu kacang
  5. Ayam goreng lengkuas
  6. Sate ayam bumbu merah
  7. Ayam balado/bumbu merah
  8. Rolade ayam
  9. Sate lilit daging ayam
  10. Ayam cabe hijau
  11. Chicken katsu

Olahan Sapi/Kambing

  1. Dendeng daging sapi
  2. Rendang
  3. Sate kambing bumbu kecap/kacang
  4. Sate daging sapi bumbu asam
  5. Empal
  6. Sate komoh
  7. Tumis sapi lada hitam

Olahan ikan

  1. Udang goreng calamary
  2. Cumi goreng tepung
  3. Fillet ikan asam manis
  4. Fillet ikan masak pecak/acar kuning

Olahan Sup/Kuah

  1. Rawon
  2. Sup merah
  3. Soto ayam
  4. Kare ayam
  5. Gulai kambing
  6. Gulai kikil sapi
  7. Sup ayam sosis jagung

Olahan Sayur

  1. Capcay
  2. Cah brokoli jamur
  3. Urap-urap

Menu Spesial

  1. Bakso
  2. Siomay
  3. Pempek
  4. Batagor

Menu Pelengkap/Tambahan

  1. Perkedel kentang
  2. Bihun/mie goreng
  3. Sosis asam manis (sapi/ayam)
  4. Acar
  5. Kerupuk
  6. Sambal

Dessert & Minuman

  1. Puding cup mini
  2. Aneka buah potong
  3. Es buah
  4. Jus buah
  5. Soft Drink
  6. Teh/Kopi

Snack/Appetizer

Snack biasanya dibutuhkan jika acaranya estafet, dari akad nikah hingga resepsi pernikahan. Sebelum menuju acara makan utama, di sela acara biasanya membutuhkan snack agar para tamu tidak bosan atau bahkan kelaparan.

  1. Aneka mini cake/canape
  2. Aneka kue tradisional
  3. Macaroni Schottel mini

Dari contoh daftar menu di atas, kita bisa memadu-padankan hidangan sesuai konsep acara yang akan kita helat atau lokasi acara. Apakah di rumah, gedung, outdoor, atau restoran. Misalnya, apakah acara memakai konsep round table ataukah tidak menggunakan meja. Hal itu tentu mempengaruhi menu yang paling tepat karena menu makanan tertentu membutuhkan meja dan alat makan berbeda.

Atau, misalnya ingin hidangan bertema timur tengah atau olahan kambing, jangan lupa untuk tetap menyiapkan olahan ayam bagi tamu yang tidak dapat mengonsumsi olahan daging kambing karena faktor tertentu.

Selain itu, jika kerabat atau keluarga besar yang akan hadir bakalan banyak anak-anak, sebisa mungkin menyediakan menu makanan yang kids friendly. Misalnya olahan sosis, nugget, atau katsu slice yang akan mudah mereka nikmati tanpa perlu ribet sama tulang ayam.

Perhatikan juga bagi tamu dari kalangan teman pengantin yang notabene masih muda dan kurang suka dengan hidangan nasi, kita bisa menyiapkan menu ala western seperti kentang goreng dengan sapi lada hitam, misalnya. Atau cukup menyediakan siomay, mungkin. Hehe.

Pada dasarnya, semua kembali kepada bujet yang akan kita keluarkan. Semakin banyak menu tentu saja akan menghabiskan dana yang semakin besar. Namun jika tidak ingin membatasi bujet, temen-temen bisa memilih paket apa pun untuk menyenangkan para tamu undangan dan membuat acara yang akan temen-temen gelar semakin berkesan.

Selain memastikan pilihan paket menu yang sesuai dengan konsep acara dan kira-kira cocok dengan selera para keluarga besar dan kerabat, jangan lupa untuk tes rasa saat memilih menu catering pernikahan modern atau restoran penyedia jasa catering tersebut ya gaes.

 

안녕!

Hello, I'm Sera Wicaksono. Mom of 3 and stay in Bali, ID. For business inquiry, don't hesitate to contact me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!