20+ Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif Unik Terbaru

contoh usaha kreatif dan inovatif

Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif – Halo, yeoreobun! Menjadi seorang pengusaha memang tidaklah semudah menuliskannya di status media sosial. Tidak hanya membutuhkan kerja keras, kita juga harus cerdas dan jeli membaca situasi terkini serta mengetahui apa yang paling banyak diminati masyarakat.

Di jaman yang semakin canggih dan permintaan pasar yang semakin beragam ini, kita membutuhkan kreativitas yang lebih serta inovatif untuk membuat usaha yang akan kita jalanan dapat menetasi pasar dengan daya saing yang kuat.

20+ Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif Terbaru

Dari beberapa contoh usaha kreatif dan inovatif yang ada saat ini, berikut saya bagikan beberapa ide usaha kreatif yang terbagi menjadi 3 bagian.

Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif yang Unik

1. Sewa tas dan sepatu pesta

Perlengkapan gaun pesta yang selalu diperhatikan selain perhiasan dan makeup tentu saja tas dan sepatu. Harga tas pesta branded yang cukup fantastis terkadang membuat kita berpikir berkali-kali untuk membelinya karena hanya digunakan sesekali saja. Begitu juga dengan sepatu high heels yang rasanya enggan untuk memakainya ke kantor setiap hari.

Namun kedua barang ini sangat dibutuhkan saat kita hendak menghadiri sebuah undangan pesta agar tampil paripurna. Apalagi jika bisa gonta-ganti dan menyesuaikan dress code yang kita kenakan, bukan? Dengan adanya persewaan tas dan sepatu pesta, sepertinya akan menjadi angin segar bagi yang ingin tampil menawan tanpa harus merogoh kocek berlebihan dan lebih fleksibel karena bisa memilih sesuai gaun yang akan kita kenakan.

ide usaha rumahan kreatif

2. Menjual barang rumah tangga unik

Masyarakat modern lebih menyukai berbagai barang yang dapat membuat segala urusan pekerjaan menjadi simple. Penyuka hunian dan perabot minimalis juga tentu akan menyukai printilan rumah tangga yang simple tapi efektif. Misalnya rak ringkas serbaguna yang bisa digunakan sebagai rak maupun penyekat ruangan. Perkakas dapur yang bentuknya lucu dan multifungsi, perkakas kebersihan yang simple dan multifungsi, rak sepatu yang flexible, dan sebagainya.

3. Jual beli barang preloved dan second hand

Jual beli barang preloved nampaknya sudah bukan hal asing lagi bagi beberapa kalangan. Sebutan preloved mengarah pada barang yang sudah pernah dipakai atau sudah buka segel. Meski hampir sama dengan barang second-hand, namun untuk barang preloved biasanya memiliki kualitas yang masih mirip baru.

Kita bisa membuka usaha membeli dan menjual barang pre-loved ini secara online maupun offline. Baik melalui sosial media maupun marketplace. Barang-barang preloved bisa kita kumpulkan dari para influencer yang hanya memakai produk untuk kebutuhan konten tanpa merusak kualitas barang tersebut. Tentunya dengan harga yang lebih rendah dari harga baru atau normal.

Barang-barang preloved ini beragam jenisnya, mulai dari skincare, makeup, alat-alat makeup, sepatu, gaun pesta, tas branded yang hanya dipakai sekali dua kali saja. Sedangkan barang second hand umumnya barang yang memang tidak sekali pakai, seperti baju, sepatu, tas, stroler bayi, box bayi, dan sebagainya.

4. Rebranding fashion

Rebranding fashion merupakan salah satu peluang usaha kreatif yang menjanjikan di Indonesia. Kita bisa menjual kebutuhan fashion ini tanpa perlu memiliki rumah produksi. Kita bisa membeli di grosir atau konveksi tanpa label kemudian memberinya label kita sendiri.

Kita bisa mengumpulkan berbagai produk fashion mulai dari pakaian, sepatu, atau hijab dari beberapa supplier kemudian kita beri label kita dan kita jual dengan brand kita sendiri.

5. Pembuatan personal label skala kecil

Untuk memenuhi kebutuhan rebranding skala kecil tentu dibutuhkan berbagai printilan branding, salah satunya adalah label. Label baju dan hijab dengan harga terjangkau biasanya terbuat dari pita satin, pita gross, hingga pita katun yang dicetak printing. Sedangkan untuk kualitas yang lebih bagus, bisa dibordir.

Beberapa pemain baru atau pemula, terkadang membutuhkan label brand dalam jumlah kecil sebagai langkah pertama. Selain untuk tujuan rebranding, beberapa tailor atau tukang jahit juga terkadang membutuhkan label untuk pakaian yang mereka jahit.

Selain label untuk pakaian, dibutuhkan juga label atau stiker untuk kemasan makanan, box dengan brand, kantong plastik dengan brand, hingga stiker pengiriman.

6. Sewa tempat seserahan yang kekinian

Tak hanya design kerajinan uang mahar dan souvenir yang dibutuhkan untuk urusan pernikahan. Tempat seserahan yang cantik dan unik pun tak kalah menjadi incaran pasangan yang ingin menikah. Sayangnya, tak semua orang mampu mengemas barang-barang seserahan dengan cantik, pun terkadang memerlukan uang yang tak sedikit jika membeli wadah-wadah yang lucu.

Dengan memberikan layanan sewa tempat seserahan dengan berbagai bentuk lucu dan menggemaskan, tentu akan banyak dicari.

7. Jual background dan properti foto lucu

Yang saat ini tak kalah laris adalah menjual berbagai motif background dan properti foto untuk keperluan foto produk maupun pembuatan konten bagi para konten kreator. Background biasanya terbuat dari bahan yang anti air dan mudah dibersihkan dengan berbagai motif seperti marmer, batu bata, hingga polos. Background dengan bahan kain seperti rasfur maupun kain satin polos untuk kebutuhan mini studio pun banyak diminati.

Sedangkan untuk properti foto seperti daun atau bunga sintesis, keranjang mini, hingga kayu dengan berbagai bentuk berukuran kecil dan beraneka warna pastel yang eye catching.

peluang usaha kreatif yang menjanjikan di indonesia

8. Usaha Bunga kering

Bunga liar yang dikeringkan juga sedang menjadi tren di kalangan dekorator. Berbagai hiasan dari bunga liar dan rerumputan yang dikeringkan ini cukup banyak diminati untuk mempercantik interior rumah maupun untuk keperluan dekorasi serta kebutuhan props foto.

9. Coworking space

Bagi yang memiliki modal cukup besar, atau memiliki lahan yang cukup, bisa nih membangun coworking space yang kini banyak diminati bagi pekerja freelance digital yang tidak memiliki kantor tetap. Selain menjadi kantor flexible yang nyaman, coworking space juga sering digunakan untuk meeting organisasi/komunitas.

Beberapa coworking space berawal dari kafe yang memiliki space lebih untuk ruang meeting dan tempat nongkrong yang luas yang bisa dijadikan nongkrong maupun ngantor informal.

10. Sewa studio foto lucu

Seperti sewa tempat meeting, studio foto juga bisa disewain nih. Terutama studio foto dengan dekorasi yang unik. Semakin maraknya ponsel dengan kamera canggih, beberapa orang menyukai foto dengan kamera pribadi. Namun terkendala pada lighting dan dekorasi. Studio foto ini bisa disewakan untuk kegiatan atau bahkan acara pernikahan yang bisa digunakan tamu sebagai spot swafoto.

11. Sewa perkakas bayi

Semua orang tua tentu ingin memberi anak-anak mereka yang terbaik, namun terkadang terkendala masalah financial. Dan juga, beberapa perkakas bayi terkadang hanya dibutuhkan sebentar atau tertentu saja.

Beberapa perkakas bayi yang sering direntalkan adalah stroller (bisa disewakan di tempat wisata atau mall besar), box bayi, atau kolam renang bayi dan penyangga kepala untuk home baby spa.

peluang usaha kreatif yang menjanjikan di indonesia

Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif Bidang Makanan

1. Catering makanan untuk diet

Beberapa orang yang ingin melakukan detox dengan diet tertentu, seperti mayo diet, terkadang terkendala dengan waktu untuk menyiapkan makanan sendiri. Usaha katering makanan sehat atau katering diet ini cukup banyak diminati terutama karyawan kantoran yang ingin diet dengan makanan sehat namun terkendala waktu dan kemampuan memasak sendiri.

2. Bisnis makanan siap masak

Selain bisnis katering makanan sehat, paket kemasan siap masak juga cukup digandrungi ibu-ibu muda yang berkarier. Alih-alih tetap ingin memasak sehat dan memasak sendiri, paket kemasan bahan makanan siap masak yang sudah dilengkapi dengan bumbu non msg akan sangat menolong.

Kemasan ini biasanya berupa sayuran atau protein dalam bentuk frozen. Dalam sepaket sayur asam misalnya, sudah terdapat sayuran yang sudah dipotong dan dibersihkan beserta bumbu halus yang tinggal dituangkan.

3. Jual kuliner kekinian

Makanan kekinian hampir tidak pernah ada matinya. Setiap hari selalu ada inovasi makanan “unik” baru yang merupakan makanan atau jajanan yang sudah ada dengan polesan unik. Misalnya kue pukis sultan, yaitu kue pukis yang diberi topping glazing beraneka rasa.

4. Sewa dapur untuk kelas memasak

Menyewakan set dapur modern dan cantik untuk kelas memasak juga menjadi salah satu ide usaha kreatif yang cukup unik. Tidak hanya kelas memasak, bagi konten kreator pemula yang ingin membuat video memasak dengan tampilan yang bagus juga bisa menyewa dapur cantik ini.

5. Properti foto produk dan makanan

Tak hanya menjual background untuk keperluan mini studio, menjual printilan untuk menunjang kebutuhan foto produk makanan juga sangat digemari akhir-akhir ini. Tak hanya dicari oleh ibu-ibu yang berbisnis aneka kue homemade, bahkan banyak ibu-ibu rumah tangga yang ingin mengunggah aneka masakan rumahan setiap hari di akun sosial media mereka pun kerap menggunakan berbagai props ini.

Beberapa printilan props foto makanan ini antara lain: serbet dengan beragam motif lucu, sendok garpu aesthetic, hingga bentuk-bentuk bahan makanan sintetis.  

Contoh Usaha Kreatif dan Inovatif Bidang Jasa

1. Jasa foto produk

Banyak UMKM pemula yang kurang terampil dalam memotret produk-produk mereka, dengan adanya jasa foto produk tentu akan sangat membantu mereka. Terlebih lagi jika jasa foto yang kita sediakan dapat terjangkau bagi pemula yang bujetnya terbatas.

ide usaha rumahan kreatif

2. Jasa pembuatan konten

Selain jasa foto, beberapa UMKM yang memasarkan produknya melalui ranah digital seperti media sosial, terkadang membutuhkan jasa pembuatan konten untuk menunjang strategi marketing melalui sosial media mereka agar tampil lebih profesional.

3. Jasa pembuatan undangan online

Akhir-akhir ini undangan pernikahan secara online juga cukup booming. Undangan paperless ini selain unik juga sangat efektif dalam pendistribusiannya, terutama bagi undangan yang melek digital. Dalam undangan online juga tersedia fitur kesediaan hadir atau tidak, sehingga kita juga dapat antisipasi jumlah undangan yang akan hadir.

4. Jastip (jasa titip) produk impor

Meski sudah bukan hal asing lagi, namun jasa titip produk impor ini masih cukup diminati. Terlebih jika produk yang bisa kita dapatkan merupakan produk yang jarang dijual di marketplace.

5. Personal shopper

Lain jasa titip, lain pula personal shopper. Tugas personal shopper yaitu memberikan referensi belanjaan dan membelanjakannya sekaligus. Para orang kaya dan ekspat yang tidak memiliki banyak waktu senggang terkadang membutuhkan seseorang yang bisa diandalkan untuk membelanjakan kebutuhan fashion mereka tanpa merusak privasi.

Meski ide kreatif ini memiliki peminat yang sangat terbatas, namun biasanya honor yang bisa didapatkan cukup fantastis. Namun perlu diketahui juga, bahwa seorang personal shopper tidak hanya bertugas untuk berbelanja melainkan harus mengerti perkembangan tren, mengerti kebutuhan dan kesukaan klien, dan yang terpenting dapat menjaga privasi masing-masing klien.

6. Fotografer bayi

Belakangan ini tren foto baby born cukup banyak diminati. Tak hanya bagi kalangan artis maupun influencer, banyak pasangan muda yang ingin mengabadikan foto buah hatinya saat masih berumur belum sebulan. Biasanya bayi mereka difoto dengan tema kostum yang unik sesuai dengan kesukaan orang tuanya.

contoh usaha kreatif dan inovatif

7. Konten creator

Meski konten kreator sudah tak asing lagi, namun masih banyak lho yang belum paham apa itu konten kreator. Banyak yang belum mengetahui bahwa dengan kita aktif di sosial media, blog, dan berbagai platform video dapat menjadi sumber penghasilan.

Jangan ragu, jika memiliki skill mumpuni di bidang konten dan mampu exist, pekerjaan sebagai konten kreator juga dapat menjadi mata pencaharian utama.

8. Kursus online

Kursus online sudah mulai ada sebelum pandemi, namun semakin booming setelah diberlakukannya peraturan pembatasan kegiatan masyarakat saat pandemi. Kursus online pun kini tak hanya terbatas pada pengajaran akademik, berbagai kursus seperti fotografi, menjahit, hingga memasak kini bisa dilakukan secara daring.

9. Jasa mendengarkan curhatan

Bagi yang suka mendengarkan curhatan orang lain, bisa nih membuka jasa mendengarkan curhatan orang lain. Namun dengan catatan harus bisa menjaga privasi setiap klien, ya. Jasa mendengarkan curhatan ini biasa dilakukan secara daring atau tanpa tatap muka secara langsung. Hal ini juga berkaitan dengan menjaga privasi tentunya.

peluang usaha kreatif yang menjanjikan di indonesia

Meski terdengar aneh, namun keberadaan jasa seperti ini juga ada lho. Dan dibutuhkan oleh orang-orang yang tidak memiliki sahabat atau teman yang bisa diandalkan. Atau jika masalah yang sedang mereka hadapi tidak ingin diketahui oleh orang-orang terdekat mereka.

10. Admin Akun media sosial

Banyak influencer dan bisnis di ranah sosial media bermunculan, tentu saja membuka peluang lebar untuk admin akun media sosial. Sebagai influencer dan pebisnis, tentu saja waktu mereka banyak tersita untuk urusan kebutuhan pembuatan konten atau lainnya sehingga urusan mengatur postingan di media sosial kerap diserahkan pada pihak ketiga, yakni admin atau kerap dipanggil mimin.

Tugas utama admin akun sosial media tentu saja mengatur postingan di media sosial secara rutin dengan caption yang menggugah pembaca. Membalas komentar atau pertanyaan calon pembeli baik melalui kolom komentar maupun DM. Beberapa dari mereka juga bertugas sebagai editor sekaligus. Namun yang paling utama adalah memastikan akun sosial media yang mereka handle berjalan teratur terlebih jika follower dan engagement meningkat.

Dari sekian banyak contoh usaha kreatif dan inovatif di atas, ada yang sudah dibidik belum nih gaes? Tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

안녕!

Hello, I'm Sera Wicaksono. Mom of 3 and stay in Bali, ID. For business inquiry, don't hesitate to contact me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!