Cara Menjadi Agen Frozen Food Fiesta Primafood International

cara menjadi agen frozen food

Halo, yeoreobun! Usaha frozen food memang nyaris tak ada matinya. Terlebih kini cara menjadi agen frozen food tak terlalu rumit dan relatif terjangkau bagi sebagian kalangan pelaku usaha. Bukan saja karena produk memiliki daya simpan lebih lama, makanan beku memang tak pernah sepi peminat.

Cara penyajian yang terbilang gampang, yaitu cukup digoreng maupun dikukus, menjadikan produk makanan beku ini idola banyak kalangan. Tak hanya cita rasa berbagai olahan frozen food ini saja yang disukai oleh kalangan anak-anak. Bagi banyak emak-emak terutama yang berkarir atau yang menyukai gaya hidup serba praktis, aneka olahan frozen food seakan-akan menjadi penyelamat waktu, tenaga, dan kebersihan dapur.

Yang Emak-Emak, sepakat nggak, nih? Hehe.

Cara Menjadi Agen Frozen Food Fiesta

Dengan menjamurnya produsen frozen food saat ini, para produsen tentu saja memiliki syarat prosedur kemitraan frozen food masing-masing. Berikut saya bahas cara menjadi agen atau distributor frozen food merek Fiesta ya, gaes.

Pengertian Frozen Food

Frozen food merupakan istilah untuk menyebut makanan beku, yaitu jenis makanan yang diawetkan melalui teknik pembekuan dengan temperatur berkisar minus 18 derajat Celsius atau bahkan lebih rendah. Secara ilmu pengetahuan, pembekuan bertujuan memperlambat dekomposisi dengan mengubah kadar air yang tersisa menjadi es dan menghambat pertumbuhan sebagian besar spesies bakteri.

Metode pembekuan untuk mengawetkan makanan ini sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan sering digunakan oleh para petani, nelayan, hingga pemburu.

Pada zaman dahulu, nenek moyang kita mengawetkan hasil bumi mereka di bangunan yang tidak ter-hangatkan ketika musim dingin tiba. Menurut sejarah, masyarakat Romawi dan China kuno mulai bahkan sengaja menggunakan salju atau bongkahan es untuk membekukan bahan makanan mereka selama musim dingin.

Hingga pada tahun 1930 untuk pertama kalinya makanan beku mulai dijual kepada masyarakat yang diprakarsai oleh Clarence Birdseye, seorang tokoh dari Springfield, Massachusettes. Saat itu ia mulai memperkenalkan makanan beku berupa sayuran, buah-buahan, seafoods, dan daging.

Sedangkan di Indonesia sendiri, olahan makanan beku ini diperkenalkan oleh orang-orang China dan Jepang. Tahu dong ya, kalau banyak sekali variasi makanan Jepang yang dibekukan. Misalnya tempura, berbagai jenis katsu, karage, dan berbagai olahan ikan dan daging lainnya.

Tahap Pembuatan Frozen Food (Nugget)

Secara umum, proses pembuatan produk makanan beku nugget ini harus melalui beberapa proses, di antaranya;

  1. Persiapan bahan mentah atau bahan baku
  2. Proses pengolahan dasar
  3. Proses pencetakan atau forming
  4. Pelapisan (coating)
  5. Penggorengan (biasanya setengah matang)
  6. Pembekuan (freezing)
  7. Pengemasan (packaging)

Oiya gaes, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyimpan bahan makanan dalam freezer, nih. Misalnya, suhu harus dijaga agar dapat selalu dibawah -18’C. Bahan-bahan tertentu yang mempunyai masa expired, harus diperhatikan waktunya walaupun disimpan dalam keadaan beku.

Untuk semua jenis sayur dan buah-buahan umumnya memiliki masa simpan hingga 1 tahun. Namun untuk jenis daging-dagingan hanya memiliki daya simpan beku setengahnya yakni sekitar 6 bulan.

Secara umum, frozen food bisa langsung diolah atau dimasak. Namun untuk frozen food bahan makanan seperti daging unggas serta daging mentah harus melalui proses Thawing atau pencairan terlebih dahulu sebelum mengolahnya.

Proses thawing ini bisa dilakukan dengan cara mengaliri bahan makanan beku tersebut dengan air bersih yang mengalir. Bisa juga di-defrost menggunakan microwave. Namun jika memiliki waktu luang, memindahkan bahan tersebut pada refrigerator hingga bahan melunak merupakan pilihan yang paling baik.

Sekilas Tentang Fiesta Frozen Food

Olahan frozen food dengan merek dagang Fiesta tentu bukan hal yang asing lagi. Nama Fiesta yang kerap muncul di berbagai iklan di media pun menjadikan kita sangat familiar dengan merek produk makanan yang satu ini.

Fiesta merupakan bagian dari PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (Food Division), selanjutnya disebut CP Food yang mengembangkan bisnis di bidang industri pengolahan makanan berbahan baku ayamdan sapi dengan berbagai produknya antara lain: GOLDEN FIESTA, FIESTA, FIESTA READY MEAL, FIESTA READY TO SERVE, FIESTA READY TO EAT, FIESTA FRESH EGGS, CHAMP, AKUMO, OKEY, dan ASIMO yang layak untuk dijadikan sajian pilihan keluarga.

distributor frozen food

Syarat menjadi mitra usaha frozen food Fiesta

Syarat untuk menjadi mitra usaha dari PT. Primafood International tidaklah terlalu rumit, dan kini sudah bisa diakses secara online melalui website resmi Fiesta CP Food yang bisa diakses di https://cpfood.co.id/

Setelah temen-temen masuk di website tersebut, pada halaman beranda klik Be-Seller pada bar navigasi yang terletak pada bagian kanan atas. Nanti kita akan langsung diarahkan pada formulir pengajuan sebagai agen kemitraan frozen food Fiesta yang isinya antara lain nama lengkap, email aktif, alamat domisili tempat usaha yang ingin didaftarkan menjadi mitra, dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Namun sebelumnya, kalian juga sudah harus menyiapkan beberapa dokumen dan atau data diri yang antara lain: foto KTP, foto NPWP, foto KK, dan foto bukti setor pajak.

Selain itu, calon mitra PT. Primafood International juga diwajibkan untuk memiliki sarana dan prasarana pendukung, yaitu:

Calon Mitra sudah memiliki freezer sendiri.

Mitra usaha melakukan pembelian produk frozen dengan minimal order 10 box.

Bersedia untuk dilakukan survey oleh tim PFI sesuai dengan waktu yang disepakati kedua belah pihak.

Hanya untuk produk olahan ayam & sapi.

Setelah semua syarat lengkap dan sesuai, tim dari CP Food Indonesia akan mendatangi calon mitra usaha untuk dilakukan survey lokasi dan persyaratan lainnya hingga semua persyaratan dinyatakan lolos dan calon mitra resmi menjadi mitra usaha produk frozen food Fiesta.

Gimana yeoreobun, sudah tau dong sekarang bagaimana cara menjadi agen frozen food Fiesta Primafood International.

안녕!

*Sumber referensi: 

cpfood.co.id

dosenpertanian.com

Hello, I'm Sera Wicaksono. Mom of 3 and stay in Bali, ID. For business inquiry, don't hesitate to contact me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!