Ayam Betutu Denpasar Khas Gilimanuk yang Halal

ayam betutu denpasar

Halo yeoreobun! Berkunjung ke Bali belum lengkap kalau belum nyicipin ayam betutu Gilimanuk. Namun sekarang nggak harus ke Gilimanuk karena sudah banyak warung ayam betutu Denpasar yang menyajikan ayam betutu khas Gilimanuk ini.

Nah, aku punya rekomendasi warung ayam betutu khas Gilimanuk di Denpasar yang sudah bersertifikat halal nih bestie. Cocok banget buat bestie yang muslim atau yang aware dengan halal food. Yuk langsung chekidot aja ya…

Warung Ayam Betutu Denpasar Khas Gilimanuk

Beberapa waktu lalu saya mampir ke warung ayam betutu Ibu Nia Denpasar. Warung ayam betutu Denpasar yang menyajikan betutu khas Gilimanuk ini konon memiliki juru masak yang didatangkan langsung dari Gilimanuk dan dulunya pernah bekerja sebagai juru masak di salah satu warung betutu khas Gilimanuk yang tersohor. Beneran mirip nggak sih rasanya?

ayam betutu terdekat

Sejarah Singkat Ayam Betutu Khas Gilimanuk

Menurut sebuah artikel sejarah yang pernah saya baca, konon masakan betutu pertama kali dibuat di daerah Gianyar, salah satu kabupaten di provinsi Bali. Kemudian masakan yang kaya rempah nusantara ini menjadi populer ke seluruh pelosok Bali hingga kawasan Bali barat yaitu Gilimanuk.

Dulunya, betutu dibuat hanya pada saat ada upacara adat atau kegiatan besar keagamaan Hindu sebagai agama mayoritas masyarakat Bali. Itu sebabnya betutu termasuk masakan yang spesial. Selain itu, betutu ini dimasak dengan teknik memasak yang terbilang rumit, yaitu ayam yang sudah dibumbui dengan berbagai rempah-rempah tersebut dibungkus daun pinang terlebih dahulu untuk kemudian dipanggang di dalam pasir dan diberi bara sekam selama hampir sepuluh jam lamanya untuk menjadi matang sempurna.

Hmmm, kebayang dong gimana lamanya, keburu lapar marimar!

Namun demi efisiensi waktu dan tenaga, mengolah betutu dengan teknik demikian sudah jarang sekali digunakan. Sebagai gantinya, memasak betutu kini lebih umum menggunakan teknik ungkep yang dimasak di atas tungku yang menggunakan kayu bakar. Cara tersebut diyakini dapat memberikan cita rasa yang serupa dengan ayam betutu Gilimanuk jaman dulu.

Tapi jujurly aku pengen banget makan ayam betutu yang macam ini. Dulu pernah nonton di televisi acara masak-masak gitu, bikin ayam betutu dengan cara begini. Asli ngeces sih.

ayam betutu ibu nia

Review Warung Ayam Betutu Denpasar Ibu Nia

Beruntung saat berkunjung kemarin lalu itu, aku sempat berbincang langsung dengan pemilik warung ayam betutu Ibu Nia Denpasar ini. Sedikit bocoran, nama Ibu Nia merupakan sebutan untuk ibunya Nia. Jadi bukan ibu tersebut bernama Nia ya bestie. hehe.

Owner yang ramah ini juga menceritakan bahwa ayam betutu miliknya diolah secara higienis dan terjaga kehalalannya, namun tetap menyuguhkan olahan betutu dengan resep khas Gilimanuk yang dimasak menggunakan api dari tungku kayu bakar.

Sebagai orang asli Surabaya, dan suaminya yang asal Klungkung – Bali namun pernah lama tinggal di Surabaya, pemilik warung ayam betutu Denpasar Ibu Nia ini sengaja menyasar para turis lokal muslim yang kerap bingung mencari hidangan halal. Itu sebabnya beliau bela-belain ngurus sertifikasi halal dari MUI agar semua yang tersedia di warung ini benar-benar teruji kehalalannya.

Oiya, sebagai informasi, warung betutu Ibu Nia menyediakan tempat parkir yang cukup luas. Dengan suasana yang cozy, warung ini juga cukup luas dengan banyak meja kursi yang tersedia. Cocok banget untuk rombongan atau untuk mengadakan acara kumpul-kumpul. 

Menu Ayam Betutu Ibu Nia Denpasar

ayam betutu di bali yang halal
ayam betutu gilimanuk

Di warung betutu Ibu Nia Denpasar ini menyediakan 2 jenis ayam betutu, yaitu ayam betutu original dan ayam betutu goreng. Untuk ayam betutu original tersedia dalam pilihan ayam broiler dan ayam kampung. Sekarang juga tersedia dalam bentuk frozen loh, jadi bisa dibawa sebagai oleh-oleh karena bisa tahan hingga kurang lebih 10 jam perjalanan. 

Untuk satu paket ayam betutu frozen sudah dilengkapi dengan kuah, kacang, sambal matah, dan sambal terasi. Khusus untuk pembelian ayam frozen ini harus pre-order ya bestie yaitu paling lambat 2 hari sebelumnya. Warung betutu IBu Nia juga melayani pemesanan dan pengiriman area Jawa dan Bali menggunakan jasa pengiriman Paxel 1 hari sampai.

Untuk pembelian langsung, baik dine-in maupun take away, tersedia dalam ukuran ayam utuh dan per porsi yang sudah komplit beserta nasi, sayur plecing kangkung, kacang goreng, dan 3 menu pilihan sambal khas Bali yang bisa refil gratis. Namun khusus ayam betutu frozen hanya tersedia ukuran ayam utuh saja ya bestie.

Buat yang hanya datang berdua, cukup memilih paket porsi saja. Karena potongan ayamnya juga cukup besar. Namun jika datangnya rame-rame, boleh deh pesan 1 ayam utuh biar lebih puas.

Oiya, selain pilihan menu ayam betutu, juga tersedia pilihan nasi campur Bali dengan potongan ayam betutu yang lebih kecil sehingga harganya juga lebih terjangkau. Untuk menu anak-anak yang tidak bisa makan pedas, warung ayam betutu Ibu Nia ini juga menyediakan paket nasi khusus untuk anak-anak.

harga ayam betutu gilimanuk

Harga Ayam Betutu Ibu Nia Denpasar

*harga bisa berubah sewaktu-waktu

1 porsi ayam betutu original atau ayam betutu goreng: 37k IDR

1 porsi betutu original ayam kampung: 42k IDR

1 ekor utuh ayam betutu original atau goreng: 115k

1 ekor utuh betutu ayam kampung: 135k

1 porsi nasi campur betutu: 25k

1 porsi nasi putih: 9k

Nasi bakar: 18k (made by order)

Ayam Betutu Broiler Frozen: 125k IDR

Ayam Betutu Kampung Frozen: 145k IDR

Lokasi Warung Ayam Betutu Ibu Nia Denpasar

Lokasi warung ayam betutu Ibu Nia ini tersedia 2 outlet, yaitu:

Outlet 1 (utama):

Jl. Merdeka No. 1 Renon, Denpasar – Bali (berada pas di pertigaan jl. cok agung tresna dan jl. merdeka)

Outlet 2:

Jl. Pendidikan No. 86 Denpasar – Bali

Buat yang pengen intip-intip dulu, cek Instagram Ayam Betutu Ibu Nia di @ayambetutuibunia. Oiya untuk pemesanan ayam betutu frozen bisa menghubungi nomor 0813-3830-4000 melalui aplikasi WhatsApp. 

Oke yeoreobun, segini dulu ya cerita ayam betutu Denpasar yang enak dan bersertifikat halal di warung betutu Ibu Nia ini. Semoga bermanfaat buat para bestih yang ingin mencicipi ayam betutu khas Gilimanuk yang muslim friendly.

안녕!

Hello, I'm Sera Wicaksono. Mom of 3 and stay in Bali, ID. For business inquiry, don't hesitate to contact me.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!